Jokowi Minta BPIP Siapkan Pendidikan Pancasila untuk Pelajar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyiapkan pendidikan Pancasila untuk pelajar-pelajar Indonesia. Tujuannya agar siswa sekolah dasar (SD) hingga sekolah menegah atas (SMA) paham mengenai dasar negara tersebut.

“Meminta supaya menyiapkan pendidikan. Bagaimana anak-anak bisa Pancasila dari SD sampai SMA. Ada pelajaran Pancasila yang dibuat oleh BPIP,” kata anggota Dewan Pengarah BPIP KH Ma’ruf Amin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Ia memastikan perubahan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menjadi BPIP dilakukan untuk menguatkan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Selain itu, BPIP juga akan bekerja selama lima tahun ke depan. Jadi bila masa pemerintahan Presiden Jokowi telah selesai, maka BPIP masih tetap dapat bekerja sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2018.

“Pemberian SK (surat keputusan) kita berubah dari UKP ke BPIP. Itu konsekuensinya, (pertama) fasilitasnya tidak fasilitas UKP. Kedua, masa kerjanya lima tahun. Kinerjanya juga tentu berat,” ujar KH Ma’ruf Amin.

Kemudian dirinya tidak menampik adanya laporan dari Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri kepada Presiden Jokowi tentang wacana Amendemen UUD 1945 setelah melakukan pertemuan bersama MPR RI beberapa waktu lalu. Namun, padangan presiden kelima Republik Indonesia itu sebatas perlunya ada haluan negara.

“Ibu Mega menyampaikan itu, perlu ada haluan negara, MPR jadi lembaga tinggi negara. Presiden merespons bagus,” imbuh KH Ma’ruf Amin.

Dia menambahkan, pertemuan Dewan Pengarah BPIP juga membahas berbagai persoalan bangsa menyangkut komitmen kebangsaan terkait implementasi Pancasila guna meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia.

“Tentu juga membicarakan MPR, BPIP, supaya ada haluan negara, sehingga Kepala Negara, gubernur, bupati, ada arahan pembangunan supaya tidak masing-masing. Tapi itu tidak detail, pokok-pokok saja,” tandasnya.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!