Polres Tangsel Sita Narkoba Senilai Rp4 Miliar

Jajaran kepolisian dari Polres Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menyita berbagai jenis narkoba senilai Rp4 miliar. Semua barang bukti itu merupakan hasil pengungkapan selama periode bulan April hingga Mei 2018.

Data yang dihimpun, total pelaku yang diamankan berjumlah delapan orang, yakni lima pelaku ditangkap oleh Satnarkoba Polres Tangsel, inisialnya adalah ; AML (34), GG alias Enggun (25), AAS alias Angki (36), R alias Dower (27), TH (27). Sedangkan tiga pelaku lainnya ditangkap oleh jajaran Polsek sekitar, yaitu ; D alias Komo (28), AR alias Kodel (36), A (33).

Sementara, barang bukti secara keseluruhan yang disita dari jenis sabu-sabu seberat 2.136,8 gram atau kurang lebih dua kilo satu ons, jenis ganja seberat 5.315 gram, jenis tembakau gorilla, kurang lebih beratnya 27 gram, dan jenis ekstasi sebanyak 1.176 butir.

“Ini adalah hasil operasi selama periode bulan April sampai dengan bulan Mei 2018. Jika dirupiahkan nilainya, sabu-sabu mencapai Rp3,2 miliar, ganja Rp26,5 juta, tembakau gorila Rp6 juta, dan pil ekstasi Rp588 juta, hampir Rp4 miliar,” terang Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, Jumat (25/5/2018).

Tersangka Narkoba

Dikatakan Ferdy, wilayah di Kota Tangsel yang sering dilakukan operasi penegakan hukum terkait narkoba antara lain, Ciputat, Serpong, Pamulang, dan Pagedangan. Dari segmentasi usia, para pelaku yang sering di tangani masuk kategori usia produktif, yakni berusia antara 20 hingga 27 tahun.

“Pelakunya kebanyakan usia produktif, dengan jenjang pendidikan rata-rata tamatan SMU,” imbuhnya.

Dengan seluruh barang bukti narkoba hasil sitaan itu, dilanjutkan Ferdy, maka potensi yang bisa diselamatkan dari peredarannya adalah sebanyak 28.087 jiwa. Meski begitu, dia menegaskan, bahwa pengembangan terhadap sumber pemasoknya (narkoba) akan terus dilakukan.

“Kita terus kembangkan,” pungkas Ferdy.

Atas perbuatannya, para pelaku akan dijerat Pasal 114 Juncto Pasal 112 dan Pasal 111 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!