Tips Tetap Segar Selama Bulan Ramadan, Ga Butuh Dana Besar KokTips Tetap Segar Selama Bulan Ramadan, Ga Butuh Dana Besar Kok

BERPUASA adalah bentuk ibadah yang tidak mudah untuk dilalui. Menahan rasa lapar dan haus serta hawa nafsu selama satu hari penuh terkadang terasa berat. Walau begitu, bukan berarti kesulitan itu harus ditunjukkan kepada banyak orang.

Biarpun tubuh terasa lemas, di depan orang lain usahakan untuk menampilkan wajah ceria dan segar. Malah terkadang penampilan itu bisa membuat orang yang berpuasa lebih bersemangat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penampilan seperti itu.

Berikut 7 tips yang bisa dilakukan untuk menjaga penampilan selama berpuasa:

1. Minum air putih yang cukup
Selama berpuasa, tubuh tetap memerlukan asupan air putih yang cukup. Jumlah yang dibutuhkan rata-rata minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Di bulan Ramadan, pola minum air putih harus sedikit diubah karena tidak mungkin dilakukan di siang hari. Anda bisa menerapkan pola 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

2. Konsumsi buah dan sayur
Menjaga keseimbangan nutrisi selama bulan puasa adalah hal penting dilakukan. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi harian tubuh terpenuhi. Selain itu, buah dan sayur juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan bersinar.

3. Olahraga ringan
Puasa bukan berarti membuat Anda tidak olahraga. Tetap lakukan olahraga paling tidak 30 menit sehari dengan intensitas ringan untuk menjaga kebugaran. Olahraga bisa dilakukan pada waktu menjelang buka atau setelah salat tarawih.

4. Mengoleskan pelembap
Berpuasa terkadang membuat kulit menjadi kering. Terlebih bila Anda bekerja seharian di ruangan ber-AC. Untuk memastikan kulit tetap hidrasi, rutinlah menggunakan pelembap seperti lotion dan moisturizer atau pelembap bibir.

5. Membatasi konsumsi kafein
Teh atau kopi adalah minuman favorit bagi banyak orang pada saat berbuka atau sahur. Akan tetapi hal ini tidak dianjurkan karena dapat membawa dampak tidak begitu baik seperti membuat cepat haus. Selain itu, konsumsi kafein berlebihan juga dapat membuat kulit tampak kusam.

6. Kenakan pakaian yang sesuai
Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sopan selama bulan puasa. Pilihlah pakaian yang stylish dan nyaman namun tetap baik untuk dipandang. Di tengah cuaca akhir-akhir ini yang sangat panas, pilihlah pakaian dari bahan katun atau linen yang sejuk.

7. Gunakan aksesori penunjang
Selain pakaian, aksesori juga bisa menunjang penampilan. Pastikan Anda memilih aksesori yang tidak berlebihan. Jam tangan, kalung, gelang, dan cincin bisa dijadikan pilihan.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!