Arti Kehadiran Album ‘XXV’ Bagi NTRL

Seperempat abad sudah NTRL berkarya di industri musik Tanah Air. Perjalanan yang cukup panjang ini dirayakan dengan sebuah album baru berjudul ‘XXV’ yang dirilis hari ini oleh Bagus, Choki, dan Eno.

Album ‘XXV’ tak hanya menandakan eksistensi band yang semula bernama Netral ini. Lebih dari itu, ‘XXV’ adalah sebuah perjalanan hidup dari ketiga personel yang menuangkan kreativitas mereka dalam lagu-lagu hits yang telah menemai para penggemar selama 25 tahun.

“’XXV’ artinya ini adalah perjalanan kita selama 25 tahun. Jadi, kayak The Best of NTRL tapi yang kita bikin ulang lagi musiknya supaya nuansanya, emosinya, sama soundnya beda. Jadi pendengar dikasih nuansa baru dalam mendengarkan musik kita dari lagu-lagu lama,” ucap Bagus.

Pada album ini para penggemar memang disuguhkan sebuah nuansa baru dari cara Bagus dkk bermusik. Beberapa lagu lama mereka aransemen ulang dengan tambahan-tambahan instrumen baru tanpa mereka lepaskan gaya khas NTRL-nya sendiri. Bagus dkk mengajak Indra7, Arya Ogie, Alvin Witarsa Quartet untuk membuat lagu-lagu lama mereka seperti Pertempuran Hati, Nuansa, Bulan, atau bahkan Nurani terasa berbeda.

“Tetap lah benang merahnya di NTRL, cuma kita selalu ngikutin musik yang lagi relevan saat ini, terlepas dari genrenya apa aja,” kata Choki menambahkan.

Sementara itu Eno berharap agar album ‘XXV’ ini menjadi sebuah kado indah NTRL bagi para penggemarnya. Tak hanya mengajak para penggemar lama bernostalgia dengan lagu-lagu terdahulu, Eno juga ingin memperkenalkan kepada para penggemar baru bahwa NTRL sudah memiliki perjalanan musik selama seperempat abad.

“Pingin memperkenalkan sebenarnya kita berkarya tuh dari zaman dulu, dari formasi yang lama. Jadi, mereka tahu sejarahnya kita ya dari album ini,” ucap sang drummer.

Tepat pada Jumat kemarin, NTRL resmi merilis album ‘XXV’ versi digital mereka ke pasaran. Para penggemar sudah bisa mendengarkan lagu-lagu baru mereka melalui layanan-layanan streaming musik. Sementara untuk album fisik, NTRL rencananya baru akan merilisnya pada bulan depan.

(LID)

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!