6 Trik Jaga Asupan Cairan Tubuh Supaya Tak Lemas Berpuasa

MAKAN makanan seimbang yang kaya karbohidrat, protein, serat, dan lemak amat saat sahur amat baik bagi tubuhmu saat menjalani puasa.

Tapi jangan lupakan asupan air yang baik agar tubuh mu tak kekurangan cairan saat berpuasa seharian. Salah-salah, kamu bisa mengalami dehidrasi jika tidak memperhatikan asupan air secara cukup.

Ahli gizi dari Columbia Asia Referral Hospital, India, Pavithra N Raj, mengatakan bulan puasa yang jatuh tepat di musim panas bisa membuat kita dehidrasi. Soalnya, di musim panas tubuh kita terus membutuhkan cairan sepanjang hari.

“Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bisa menjadi sulit saat puasa. Cara terbaik untuk menyiasatinya agar saat puasa tetap beraktivitas dengan lancar ialah minum air secara rutin di waktu yang diperbolehkan,” ujar dia.

Ini dia beberapa tips untuk kamu saat sahur agar bisa puasa tetap lancar dan aktivitas sehari-hari tak terganggu akibat rasa haus.

1. Selalu minum air putih sebelum kamu meminum susu atau jus saat sahur ataupun berbuka. Ini baik agar cairan dalam tubuh kamu tetap terpenuhi seimbang. Jangan lupa, hindari tambahan gula pada minuman susu, jus, teh, atau kopi yang kamu minum. Gula bisa menimbulkan rasa haus.

2. Sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu pedas, asin, dan manis. Makanan-makanan itu bisa meningkatkan rasa haus juga.

3. Sepuluh menit setelah makan berat, sempatkan minum air setengah liter. Kamu bisa minum air dalam jumlah itu bertahap. Tak perlu sekaligus karena bisa membuat perut kamu makin penuh.

4. Makan banyak buah dan sayur amat membantu kamu agar asupan cairan terjaga.

5. Hindari tidur setelah sahur untuk mencegah asam lambung kamu naik. Setelah berbuka jangan langsung tidur. Kamu perlu tetap beraktivitas kecil. Salat bisa jadi kegiatan kecil yang baik buat tubuh kamu.

6. Minum air putih total tiga liter selama waktu berbuka hingga sahur. Itu akan sangat membantu kamu tetap sehat dan tidak merasa haus saat berpuasa.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!