Mabes Polri Cek Kesiapan Jalur Mudik di Tol Pemalang

Mabes Polri beserta instansi terkait melakukan pengecekan ruas Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang yang akan difungsikan sebagai jalur arus mudik Lebaran 2018. Selain memantau proges pembangunan, polisi juga memetakan titik-titik rawan macet ketika kendaraan pemudik mulai menyerbu dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng).

“Ini tadi kami bersama lembaga terkait melakukan pemantauan tol di Pemalang yang nanti akan menjadi jalur mudik. Jadi, sifatnya sebagai tol fungsional,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Agus Triatmaja, Selasa (24/4/2018).

Dia mengatakan, selain menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas selama arus mudik, polisi juga menjamin keselamatan para pemudik. Titik-titik rawan krimininalitas maupun kemacetan di sepanjang jalur mudik akan dijaga polisi selama 24 jam.

“Seperti biasa polisi akan membuat pospam (pos pengamanan) untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran. Namun untuk jumlah dan di mana saja titiknya, nanti akan kita sampaikan nanti ya. Termasuk gelar pasukan sebelum penerjunan anggota,” terangnya.

 

Sementara itu, Kabag Binops Korlantas Polri, Kombes Benyamin, menyatakan, Exit Tol Gandulan di Kabupaten Pemalang dan Exit Tol Krapyak Semarang diperkirakan menjadi titik kemacetan saat arus mudik Lebaran. Untuk itu, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan di titik-titik tersebut.

“Ini adalah salah satu titik kerawanan yang tinggi di Gandulan. Kenapa kita konsentrasi ke sini (Gandulan) dan Krapyak, karena di sini exit terakhir yang berbayar kemudian masuk ke (tol) fungsional. Banyak sekali kerawanan yang memang harus dipertimbangkan di titik ini, belum lagi nanti masuk ke tol fungsionalnya,” kata Benyamin.

banner 468x60

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!