Ini Beberapa Nama Berpeluang Tipis Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Sejumlah nama sudah mulai disebut untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) yang kembali akan bertarung dalam Pilpres 2019. Nama anak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni Agus Harimurty Yudhoyono (AHY), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan tokoh lainnya disebut siap mendampingi Jokowi.

Melihat hal itu, Pengamat Politik Universitas Paramadina Toto Sugiarto mengatakan nama-nama tersebut sulit untuk bisa mendampingi Jokowi. Pun demikian dalam politik kemungkinan tetap ada namun sulit. Seperti Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sapaan karibnya apa track recordnya.

Menurut Toto, siapa yang akan mendampingi nantinya ditentukan nama mereka yang memiliki elektabilitas tinggi. Politiknya pun harus sejalan dengan Jokowi, tidak mungkin bersebrangan serta harus memenuhi keriteria ideal.

“Kalo saya melihat Cak Imin masih agak jauh, Dia yang ingin untuk bisa dengan Jokowi, semua partai politik saya kira berharap tapi kita lihat perhitungan politiknya apa yang dia lakukan, waktu Cak Imin jadi Menteri apa yang sudah dia lakukan ?,” tanya Toto saat di hubungi media.

Sementara AHY katanya, apakah sudah memenuhi kriteria itu, dan apakah Partai Demokrat dekat dengan partai koalisi pemerintah, kalo tiba-tiba dipilih dan selama ini tidak berjalan bersama maka partai yang sudah berjalan bersama merasa dirugikan.

“Track record AHY seperti apa karena track record baik di masyarakat tentu akan menguntungkan Jokowi,” tukasnya.

Ia mengatakan, sebetulnya nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan tokoh yang memiliki kemungkinan. Anies sudah membuktikan punya elektabilitas tinggi dan itu bisa diterapkan di nasional.

“Tapi jangan lupa bahwa kelompok politiknya berbeda dengan Jokowi itu maslahnya dan itu agak sulit untuk dilompati. Sedekat apapun agak sulit jadi Cawapres Jokowi, pasti ada resistensi drapada partai seperti Golkar kalo mau menggendong Anies ke Jokowi,” terangnya.

banner 468x60

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!