Kemendes PDTT Targetkan 80 Desa Tertinggal Jadi Desa Maju di 2019

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menargetkan 80 desa dientaskan menjadi desa maju pada 2019 mendatang. sejauh ini sudah ada 35 desa telah dientaskan.

“Dari target 80 daerah sudah 35 desa yang terentaskan. Kita yakin target 80 terlampaui,” kata Sekretaris Jenderal Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi di Merliynn Park Hotel, Kamis, (23/11/2017).

Sanusi mengatakan, di sisa waktu terakhir masa pemerintahan, pihaknya akan berfikir strategis untuk melaksanakan program tersebut secara maksimal.

“Di sisa waktu ini kita harua berfikir strategis, dengan landasan yang kita buat di tahun sebelumnya. kita akui diawal terbentuknya energi ini di habiskan untuk melakulan konsolidasi,” tambahnya.

Sebelumnya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) memformulasikan empat program prioritas guna mengentaskan daerah-daerah yang masih tertinggal di berbagai wilayah di Indonesia.

Keempat program tersebut adalah produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades), mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan keempat program tersebut penting untuk dilakukan di berbagai desa. Eko mencontohkan Kabupaten Pandeglang yang telah berhasil mengikuti program tersebut.

(fmi)

banner 468x60

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!