Mantap! Jaga Kelestarian Alam, KLHK Ajak Masyarakat Tanam 25 Pohon Semasa Hidup

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengajak masyarakat menanam setidaknya 25 pohon semasa hidup. Penanaman bibit pohon disebut sama dengan menjaga kelestarian alam dan makhluk hidup di bumi.

Direktur Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Hilman Nugroho mengatakan penanaman pohon tersebut akan memberikan efek baik bagi lingkungan. karena semakin banyak pohon semakin pula rezeki.

“Jangan terpikir bahwa kalau menanam kita yang akan memetik atau tidak dapat merasakan hasil. Mari berfikir untuk menyelamatkan dunia ini, yakni dengan menanam pohon,” kata Hilman usai menyampaikan kuliah umum di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Banda Aceh melalui rilis yang diterima Okezone, Kamis (21/9/2017).

Ia menyebut Presiden Jokowi beberapa waktu lalu juga sudah mengajak masyarakat Indonesia untuk menanam minimal 25 tahun selama hidup. Menurut Hilman, jika semua rakyat Indonesia sudah menanam, maka sumber daya alam negara ini tidak terbatas lagi.

Dikatakan Hilman penanaman pohon ini cukup penting. Karena pada prinsipnya, jika ada pohon maka ada air, jika ada air tentu ada kehidupan. Dan jika ada kehidupan maka ada juga kesejahteraan. Untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk mahasiswa sekalipun.

Hilman juga berterima kasih kepada UIN Ar-Raniry khususnya Fakultas Sains dan Tekhnologi atas partisipasi dan dukungan melaksanakan kuliah umum serta dapat menghadirkan mahasiswa lebih dari 700 peserta, dengan pemahaman dan ilmu yang diperoleh maka akan sangat bermanfaat bagi masyarakat disekitar.

Pihaknya meyakin, UIN Ar-Raniry siap menyediakan lahan. Sementara Kementerian Kehutanan menyediakan bibit dan mahasiswa bersama masyarakat yang akan menanamnya. Sehingga semua orang dapat memanennya di masa akan datang. (sym)

(ulu)

banner 468x60

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!