Presiden Jokowi: KPK Harus Kuat!

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah tidak ingin adanya upaya pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, KPK harus diperkuat lantaran negara masih memerlukan upaya pemberantasan korupsi yang maksimal.

“Saya tidak ingin KPK lemah. Sudah. KPK harus kuat dan upaya pemberantasan korupsi juga tidak boleh mengendur karena negara kita masih memerlukan upaya yang luar biasa dalam pemberantasan korupsi,” kata Jokowi di Press Room Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/5/2017).

‎Jokowi menjelaskan, independensi lembaga antirasuah harus menjadi landasan utama dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air. Independensi itu juga harus menjadi landasan keputusan KPK dalam mengusut suatu perkara korupsi.

“Jadi, kita perlu KPK yang kuat, KPK yang independen, dan pemikiran tersebut harus menjadi sebuah landasan dalam rangka upaya kita bersama, untuk pemberantasan korupsi dan pemikiran ini harus menjadi landasan kita bersama dalam semua langkah, dalam setiap pembuatan keputusan,” sambung Jokowi.

“‎Jadi jangan ada pikiran-pikiran melemahkan KPK, enggak boleh. Jadi saya kira (itu),” ujar Kepala Negara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan mengomentari hak angket KPK yang dibentuk DPR RI‎. Sebab, hak angket KPK merupakan hak dan ranah dari para wakil rakyat. “Itu wilayah DPR,” pungkas Jokowi.

(sal)

banner 468x60

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!